LOGIN
LINK TERKAIT
POLTEKKES TANJUNGKARANG GELAR WORKSHOP CAPASITY BUILDING INTERPROFESIONAL EDUCATION (IPE) DAN INTERPROFESIONAL COLABORATION (IPC) BAGI DOSEN DI POLTEK
Ditulis oleh : Dian Septikasari - Bidang : Unit Hukormas

21 Juli 2017 - 10:57:13 WIB

Kegiatan dibuka oleh Direktur Poltekkes Tanjungkarang bpk Warjidin Aliyanto, S.KM, M.Kes (5-6/7), kemudian dilanjutkan dengan materi yang pertama tentang latar belakang IPE dan IPC pada pendidikan Kesehatan yang disampaikan oleh Ibu Athanasia Budi Astuti, SKp.,MN Kepala Unit Pengabdian Masyarakat Poltekkes Surakarta selaku narasumber, Kegiatan ini diselenggarakan selama 2(dua) hari dengan jumlah peserta sebanyak 60 (enam puluh) orang yang berasal dari Jurusan/Prodi, Dosen, Koordinator Akademik, Unit terkait : pengembangan pendidikan, Mutu, Pengabmas  di Lingkungan Poltekkes Tanjungkarang.

Disampaikan oleh Narasumber, pada suatu pendidikan tinggi Kesehatan yang mendidik mahasiswa calon tenaga kesehatan diperlukan suatu model pembelajaran pendidikan interprofesi (IPE) sebagai suatu media pembelajaran bagi mahasiswa untuk belajar dan melatih kemampuan bekerjasama dengan profesi lain. IPE merupakan proses dimana sekelompok peserta didik atau tenaga kesehatan dengan latar belakang berbeda belajar bersama dalam jangka waktu tertentu pada masa pendidikan, dengan interaksi sebagai tujuan utamanya, untuk kolaborasi dalam menyediakan pelayanan preventif, promotif, rehabilitatif dan pelayanan kesehatan lainnya.

Selain itu upaya peningkatan kualitas pelayanan oleh tenaga kesehatan yaitu adanya kerjasama yang baik antar profesi kesehatan dalam pelayanan kesehatan, maka pasien akan ditangani secara holistic sehingga outcome kesehatan dan kepuasan pasien akan meningkat. Kerjasama antara tenaga kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pasien. Melalui kerjasama yang baik dapat memfasilitasi adanya suatu solusi yang tepat dan mampu menyelesaikan permasalahan bagi pasien.

Kemampuan bekerjasama secara interprofesi (interprofessional collaboration=IPC) tidak muncul begitu saja, melainkan harus ditemukan dan dilatih sejak dini mulai dari tahap perkuliahan agar mahasiswa mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman mengenai cara bekerjasama secara tim yang baik dengan profesi lain sebelum mereka terjun ke dunia kerja.

FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE
INFORMASI PENDAFTARAN
SIAKAD ONLINE
PERPUSTAKAAN ONLINE
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 773447 kali